Kamis, 27 November 2008

blog,,,blog,,,blog

Sekilas tentang blog

Blog?

Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Cara gampang membuat blog pribadimu


Klik tanda panah Ciptakan blog anda.maka akan muncul halaman seperti berikut :


Pada email address isi dengan e-mail google yang telah anda buat terlebih dahulu, seperti contoh pada alamat email tersebut saya tulis Kemaloveny@gmail.com. Setelah itu masukan password yang anda inginkan dan usahakan password yang anda pakai mudah diingat,setelah itu pada kolom retye password masukan kembali password yang sama sampai kekuatan paswordnya tertulis Kuat. Dikolom display name masukan nama yang anda inginkan muncul di blog anda, setelah itu pada kolom word verification masukan kode yang telah muncul di atas, contoh di sana tertlis codia,maka masukan kode tsb, kedalam kolom word verification.lalu jangan lupa ceklis acceptance of terms. Lalu clik tanda panah continue


Lalu berilah judul blog anda sesuai dengan tujuan anda membuat blog tsb,lalu masukan alamat blog yang anda inginkan, sebagai contoh alamat blog saya adalah kemaloveny.blogspot.com,lalu check apakah alamat blog anda sudah di pergunakan orang atau belum,bila belum anda dapat meneruskan ke langkah berikutnya dengan mengklik tanda panah continue.


Setelah itu tugas terakhir anda adalah memilih template yang anda inginkan, untuk sementara anda dapat mempergunakan template yang di sediakan oleh blogspot, setelah itu klik tanda panah continue maka akan muncul halaman seperti berikut :

Setelah muncul halaman seperti ini,itu tandanya blog anda sudah selesai di buat dan anda dapat langsung melakukan posting dengan mengklik tanda panah start posting. Mudah bukan membuat blog.

Komunitas Blogger

Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger( pengguna blog ) berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama.

Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.

Beberapa jenis komunitas blogger adalah Komunitas Blogger Daerah, yaitu Komunitas Blogger berdasarkan kedaerahan atau wilayah tertentu, Komunitas Blogger Non-Daerah, yang biasanya terbentuk karena kesamaan hobi atau yang lainnya, dan Komunitas bloger kampus.

Jenis-jenis blog

Blog sendiri dapat di bagi menjadi beberapa jenis yaitu :

  • Blog politik: blog ini biasanya berisikan kampanye sebuah partai politik atau sekedar berita – berita yang menyangkut persoalan politik baik di dakam maupun di luar negri.
  • Blog pribadi:blog ini sengaja di buat oleh si bloger hanya sekedar sebagai buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian , keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu. Misalnya blog tentang diktetif conan maka dalam blog tersebut hanya akan membahas tentang detekfif conan saja.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru seorang ilmuan.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)

7 komentar:

C.B.M.A.H mengatakan...

Ko ada cara bikin blognya????mang disuruh 4 tugas gt???tapi lumayanlah bisa menambah pengetahuan tentang blog....thx...rep komen gw ya????

sagitariuz mengatakan...

thax ya...

berkat U we jd bsa ngeblog sekarang

Rahmat Fitra Wibowo mengatakan...

tnyata asik yah bikin blog,hhe,,
bs narsis2an gt.

delta mengatakan...

wah...keren baget sih...detail banget...


pokoknya top bgt

Bernard Putranto mengatakan...

wah aku sudah tahu cara buat blog....

haha....

aturannya dari dulu....

terlambat loe.....



tp bagus kok....
biarpun ga da guna bg gue...
haha...

megakurnia mengatakan...

blog emg tiada duanhya de..
bgs bgt si bapak ngasih tugas blog..
byr gyontek copypaste kn,,

hehe k n

ayu mengatakan...

very good job..!